Monday, July 15, 2013

kenalan sama topologi jaringan


TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER

    Topologi adalah suatu cara untuk menggambarkan suatu bentuk koneksi jaringan komputer yang menghubungkan komputer satu dengan komputer lain. Dari beberapa macam cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network. Dari setiap masing-masing topologi mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut keterangannya:
1.  Topologi BUS


Pada topologi Bus, kedua unjung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Untuk memperluas jaringan dapat digunakan barel connector. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel.

Keuntungan:
·         Hemat kabel
·         Layout kabel sederhana
·         Mudah dikembangkan

Kerugian:
·         Deteksi dan isolasi pada sebuah kesalahan sangat kecil kemungkinannya.
·         Lalu lintas sangat padat.
·         Jika salah satu client rusak maka jaringan tidak akan berfungsi.
·         Diperlukan repeater jika jaringan mencakup radius yang jauh.
·          
2.  Topologi TokenRING
 




Topologi ring adalah topologi berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Antisipasi yang bias dilakukan deata yang dikirim harus searah jarum jam.
Keuntungan:
·         Hemat kabel
Kerugian:
·         Peka terhadap kesalahan.
·         Pengembangan jaringan lebih kaku.

3.  Topologi STAR


 


            Topologi STAR merupakan kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.

Keuntungan:
·         Paling fleksibel.                 
·         Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain.
·         Kontrol terpusat.
·         Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan.
·         Kemudahaan dalam mengelola jaringan.
Kerugian:
·         Banyak kabel yang diperlukan.
·         Perlu penanganan khusus.
·         Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis.

4.  Topologi Peer-to-peer Network
Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer, biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer. Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer “A” dapat memakai program yang dipasang di komputer “B”, dan dua computer tersebut dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.
Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘jadul’ dan ingin memberi computer yang lebih baru, tidak perlu membuang komputer lamanya. Ia hanya perlu memasang netword card di kedua komputernya lalu dihubungkan dengan kabel yang digunakan khusus untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipelajari dan dipakai.


No comments:

Post a Comment